Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi



Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi

Semua makhluk hidup membutuhkan pasokan konstan energi untuk bertahan hidup. Salah satu metode bagaimana hewan memperoleh energi ini adalah melalui proses respirasi selular. respirasi sel adalah proses di mana energi dari sumber makanan yang berbeda dipecah untuk memberikan jumlah yang tepat energi bagi organisme untuk dapat melakukan set tertentu kegiatan.

Selama respirasi sel, senyawa organik, seperti glukosa, yang berasal dari sumber makanan organisme, yang diubah menjadi Adenosine Tri-Phosphate (ATP) molekul. Molekul-molekul ini berfungsi sebagai paket energi yang tersimpan dalam sel-sel dari organisme yang akan digunakan ketika kebutuhan muncul.

Respirasi sel dapat berupa aerobik atau anaerobik. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa respirasi sel aerobik menggunakan oksigen untuk mengubah senyawa organik menjadi energi sementara respirasi sel anaerobik mengubah senyawa organik menjadi energi tanpa menggunakan oksigen selama proses tersebut.

Tanaman memperoleh pasokan energi melalui proses yang disebut fotosintesis. Tidak seperti respirasi sel dimana proses tersebut hanya memerlukan pemanenan energi dari makanan yang berbeda dikonsumsi oleh organisme, fotosintesis melibatkan konversi dari satu jenis energi menjadi bentuk lain energi yang kemudian dapat digunakan oleh organisme tanaman.

Fotosintesis adalah proses selular di mana energi cahaya yang datang dari matahari diubah menjadi energi kimia dengan bantuan pigmen klorofil yang ditemukan pada daun tanaman. energi kimia ini kemudian disimpan dalam sel-sel tanaman melalui bentuk obligasi gula, maka dinamakan proses kimia. Ini adalah ikatan gula bahwa organisme hewan mengkonversi menjadi energi yang dapat digunakan melalui proses respirasi selular.

Seperti respirasi sel, fotosintesis terjadi dalam dua tahap. Perbedaan antara dua proses seluler adalah bahwa proses respirasi sel dibagi menjadi proses yang membutuhkan oksigen dan yang tidak memerlukan oksigen. Dalam kasus fotosintesis, proses dibagi menjadi yang membutuhkan energi cahaya dan yang tidak memerlukan energi cahaya.

Loading...

Pada saat proses yang membutuhkan energi cahaya, sinar ultraviolet menyerang pigmen klorofil, menarik elektron dalam pigmen mengakibatkan pemisahan molekul karbon dan oksigen dari molekul karbon dioksida yang berasal dari atmosfer. Tahap kedua dari proses yang disebut proses bebas cahaya terjadi tanpa perlu sinar matahari. Molekul-molekul karbon yang telah dipisahkan dari molekul oksigen selama proses bergantung pada cahaya kemudian diubah menjadi karbohidrat yang kemudian disimpan ke dalam sel tanaman untuk melayani sebagai sumber pangan dan energi.

Loading...



Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 19
BIOLOGI GONZAGA : BEDA
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 84
RUMAH SAINS
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 14
MENGENAL
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 28
10 Software Slideshow
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 54
10 fotos de seus filhos que no deveriam estar na internet
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 24
9 Rekomendasi Software Untuk Membuat
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 69
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 96
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 9
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 43
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 51
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 1
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 37
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 40
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 24
Perbedaan proses fotosintesis dan respirasi 79